Selasa, 24 April 2012

Pembelajaran Efektif


A. Judul :
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan Dan Penawaran Dengan Penggunaan Model Pembelajaran “Think Pair Share” Di Man 1 Jember Tahun Pelajaran 2009 / 2010

B. Latar Belakang Masalah
               Masa tumbuh kembang pada siswa merupakan masa penting dalam membentuk kepribadian siswa tersebut, maka dari itu pendidikan merupakan suatu bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama, pendidikan juga merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang bertujuan untuk membentuk kedewasaan anak dan mengetahui sifat dasar yang ada pada diri anak atau manusia, sifat dasar yang ada pada manusia terdiri atas tiga komponen yang harus di bangun untuk membentuk kepribadian pada diri manusia yaitu Ruh, Jasmani dan Akal.
Tujuan pendidikan nasional sendiri secara makro bertujuan membentuk organisasi pendidikan yang bersifat otonom sehingga mampu melakukan inovasi dalam pendidikan untuk suatu lembaga yang beretika, selalu menggunakan nalar, berkemampuan komunikasi sosial yang positif dan memiliki sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.
Agar tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perubahan dalam sistem pendidikan harus dilakukan secara terencana dan menyeluruh, dan sistem pendidikan yang konvensional menuju sistem pendidikan yang berorientasi kompetensi. Sistem pendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses dipandang kurang dinamis, kurang efisien, dan mengarah pada stagnasi pedagogik, sehingga mengakibatkan sistem pendidikan sulit beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan aspirasi serta kebutuhan masyarakat.
Sedangkan guru yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengan anak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik sebagai mahkluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal. Maka penting untuk meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai anak didik. Sebaiknya guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala perbedaannya, sehingga mudah melakukan pendekatan dalam pengajaran.
Cara mengajar yang menggunakan teknik yang beraneka ragam disertai dengan pengertian yang mendalam dari pihak guru akan memperbesar minat siswa dan akan mempertinggi pula hasil belajarnya. Dengan mengajak, merangsang dan memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut serta menggunakan pendapat, belajar mengambil keputusan, bekerja dalam kelompok, membuat laporan dan lain-lain, akan membawa siswa pada suasana belajar yang sesungguhnya bukan pada suasana diajar saja.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran dengan Model Pembelajaran Think Pair Share di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010”.

C. Identifikasi Masalah
               Berdasarkan uraian pada bagian latar belakang masalah, keterlibatan siswa merupakan penentu dalam PBM dalam rangka pencapaian keberhasilan belajar. Inti dari penelitian ini terletak pada peningkatan keterlibatan siswa dalam rangka meningkatkan keberhasilan belajar siswa. Ada beberapa komponen yang menandai aktualisasi keterlibatan siswa dalam PBM ekonomi. Komponen-komponen tersebut antara lain seperti guru, siswa, materi, metode mengajar, ruang dan waktu, dan sarana prasarana.
a. Guru
               Perilaku guru juga dipengaruhi oleh dua komponen yaitu kompetensi dan kepribadian. Kompetensi guru terdiri atas kognitif, affektif, dan psykomotorik kompetensi.
               Kompetensi kognitif guru terkait dengan kemampuan berpikir guru. Setiap guru memiliki pandangan yang berbeda dalam memahami materi ajar juga dalam pengelolaan kelas sebagai contohnya. Kemampuan berpikir guru akan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses belajar.
               Kompetensi afektif guru terkait dengan sikap guru dalam proses pembelajaran. Sikap atau peilaku guru akan mempengaruhi pula terhadap keterlibatan siswa dalam proses belajar.  Sebagai contoh, guru yang mempunyai sifat cepat marah akan membuat siswa takut dan segan belajar. Sebaliknya, guru yang memiliki sifat ramah terhadap siswa akan membuat siswa merasa nyaman dan senang belajar sehingga siswa akan terlibat sendirinya dalam proses pembelajaran.
               Kompetensi psykomotorik guru terkait dengan ketrampilan dalam menjalankan proses pembelajaran. Ketrampilan ini termasuk ketrampilan untuk berkomunikasi dengan siswa, menjawab dan bertanya, mengelola kegiatan pembelajaran, dan lain-lain. Ketrampilan-ketrampilan ini juga akan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.Guru juga harus bisa menerapkan model-model pembelajaran.
b. Siswa
               Sama halnya dengan guru, perilaku siswa  dalam proes pembelajaran dipengaruhi oleh dua komponen dasar yaitu kompetensi dan kepribadian. Kompetensi siswa terdiri atas kompetensi kognitif, afektif, dan psykomotorik.
               Kompetensi kognitif siswa terkait dengan kemampuan berpikir mereka. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran, seperti cara menginformasikan sesuatu, memecahkan masalah, mengevaluasi, dan lain-lain. Perbedaan kemampuan berpikir siswa akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
               Kompetensi afektif siswa terkait dengan sikap mereka dalam proses pembelajaran. Siswa yang menganggap pelajaran berbicara (speaking) itu lebih penting, maka mereka akan lebih fokus pada belajar speaking daripada menguasai grammar. Perbedaan sikap siswa akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.  
               Kompetensi psykomotorik siswa terkait dengan ketrampilan mereka dalam proses pembelajaran. Tiap siswa memiliki ketrampilan yang berbeda dalam menjawab dan bertanya kepada guru,  berkomunikasi baik dengan guru maupun siswa yang lainnya, dan lain-lain. Perbedaan ketrampilan siswa inilah yang juga akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
               Kepribadian siswa terkait dengan watak/ karakter mereka. Karakter tersebut seperti ketekunan, kemalasan, kedisiplinan, selalu berpikir positif, aktif, pasif dalam kelas, dan lain-lain. Hal-hal seperti inilah yang juga akan mempengaruhi tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
c. Materi
               Faktor lain yang mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran adalah materi pelajaran. Materi yang akan disampaikan untuk siswa, seharusnya sesuai dengan pengalokasian waktu penyampaian materi dan juga harus sesuai dengan kemampuan siswa. Aspek yang lain seperti topik, kuantitas, dan kualitas materi juga harus diperhatikan pula.
d.  Metode Mengajar
               Suatu metode mengajar yang bagus akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga mereka tidak akan merasa bosan dengan mata pelajaran yang bersangkutan. Metode Mengajar yang pas dan tepat akan membuat siswa mampu untuk mengikuti proses pembelajaran secara fisik maupun nonfisik.
Setiap metode mempunyai cara sendiri dalam pengaplikasiannya.  Suatu metode  mengajar yang bagus tidak hanya terletak pada guru dan muridnya saja, melainkan pada ketepatan meteri pembelajaran juga. Sebagai contoh jika metode mengajarnya sesuai dengan siswa dan materi pembelajaran, tetapi tidak pada guru maka pembelajaran yang baik tidak akan terwujud.
e. Ruang dan Waktu
               Dalam proses pembelajaran, diperlukan waktu dan ruang belajar yang tepat. Waktu yan tepat untuk PBM adalah ketika siswa masih segar (fresh) pikirannya dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Belajar dipagi hari dapat membuat siswa lebih termotivasi dan fresh untuk belajar daripada saat siang hari, dengan alasan di siang hari energi siswa sudah berkurang sehingga siswa cepat merasa letih, mengantuk, lapar, dan bosan. Begitu juga dengan ruang belajar, ruangan yang terlalu luas dan sempit juga akan mengganggu proses pembelajaran. Ruang belajar yang luasnya pas, nyaman, tenang, dan tersedia penerangan lampu akan membuat siswa lebih terotivasi untuk belajar dan hal ini akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam PBM.
f. Sarana Prasarana
               Sarana dan prasarana (fasilitas) belajar dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Fasilitas belajar seperti media, area sekolah, bangunan sekolah dan alat-alatnya, kantin, perpustakaan, lapangan, dan semua yang mempengaruhi keantusiasan siswa utnuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran akan dapat meningkatkan keberhasilan belajar dan semangat mereka dalam belajar . Selain itu, fasilitas belajar yang memadai nantinya juga akan menciptakan kondisi pembelajaran yang nyaman pula.

D. Batasan Masalah
      Permasalahan dalam penelitian ini dibatasi pada masalah yang terkait dengan peningkatan prestasi belajar siswa kelas X pada materi elastisitas permintaan dan penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010 dengan menggunakan model TPS.

E.     Rumusan Masalah
   Masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan yaitu Bagaimana Efektivitas Metode Think Pair Share Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010.

F.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010 dengan model pembelajaran Think Pair Share.

G.                Manfaat Penelitian
1.      Bagi guru Ekonomi kelas X di MAN 1 Jember,  penelitian ini dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan  Prestasi Belajar Siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi.
2.      Bagi guru-guru lainnya, baik di MAN 1 Jember maupun di sekolah lain, penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai contoh dalam meningkatkan  Prestasi Belajar Siswa dalam proses pembelajaran.
3.      Bagi peneliti, penelitian ini dapat menerapkan model-model pembelajaran terutama pada model Think Pair Share Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dan penelitian ini menjadi pengalaman yang berharga terkait dengan pengetahuan peneliti mengenai penelitian dalam dunia pendidikan.


H.    KAJIAN TEORI
1.      Belajar
Pada proses pembelajaran mengandung dua kegiatan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain yaitu belajar dan pembelajaran. Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya ( Slameto, 1995 :2 )
Menurut Winkel (1996:53 ) belajar adalah “Suatu aktivitas mental/psikis yang berlangsung dalam interaksi yang aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat relative konstan”. Hamalik (1983) mendefinisikan belajar adalah “Suatu pertumbuhan atau perubahan dalam diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru berkat pengalaman dan latihan”.
Menurut Ausabel (1992) pengalaman belajar baru akan masuk kedalam memori jangka panjang dan akan menjadi pengetahuan baru apabila memiliki makna. Pengalaman belajar adalah interaksi antara subjek belajar dengan bahan ajar, misalnya siswa mengerjakan tugas membaca menggunakan media kartu huruf dan kartu kata.  
Dari beberapa pengertian tersebut di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar merupakan suatu usaha perbuatan yang dilakukan secara sungguh-sungguh dengan sistematis, mendayagunakan semua potensi yang dimiliki baik fisik, mental, dan dana. Aspek fisik meliputi panca indera, otak dan anggota tubuh lainnya sedangkan aspek mental dan kejiwaan berupa intelegensi, bakat, motivasi, minat dan sebagainya.


2.   Pengertian Prestasi Belajar                                                                           
   Kegiatan belajar tersebut diharapkan siswa dapat mencapai prestasi belajar yang baik. Poerwanto (1986) memberikan pengertian prestasi belajar yaitu “Hasil yang dicapai oleh seseorang dalam usaha belajar sebagaimana yang dinyatakan dalam raport”. Selanjutnya Winkel (1996:162) mengatakan bahwa “Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya”. Sedangkan menurut S. Nasution (1996:17) “Prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berfikir, merasa, dan berbuat. Prestasi belajar dikatakan sempurna apabila memenuhi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor”.
Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat dijelaskan bahwa prestasi belajar merupakan tingkat kemanusiaan yang dimiliki siswa dalam menerima, menolak dan menilai informasi-informasi yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar seseorang sesuai dengan tingkat keberhasilan dalam mempelajari materi pelajaran yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau raport setelah mengalami proses belajar mengajar.
Dalam proses pembelajaran seringkali siswa di kelas didominasi oleh siswa pandai sedangkan kelompok kurang pandai tidak begitu nampak peranannya dalam pembelajaran, sehingga perlu usaha untuk melibatkan kelompok ini untuk ikut serta dalam proses pembelajaran. Cara yang lebih efektif yaitu melibatkan seluruh anggota kelompok dalam kegiatan pembelajaran, cara tersebut lazim dikenal dengan pembelajaran kooperatif.      
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             
3.      Pengertian Model Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar (Sugiyanto, 2009:37).  Dalam pembelajaran kooperatif, keberhasilan individu diorientasikan dalam keberhasilan kelompok. Untuk menyelesaikan tugas kelompok setiap anggota saling bekerjasama dan saling membantu untuk memahami suatu bahan pembelajaran. Selama kerja kelompok, tugas anggota kelompok adalah mencapai ketuntasan materi dan saling membantu teman sekelompok mencapai ketuntasan.
Pada pembelajaran kooperatif, guru berperan membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan melalui interaksi dengan kelompok. Pembelajaran kooperatif memupuk pembentukan kelompok kerja dengan lingkungan positif, meniadakan persaingan individu dan isolasi di lingkungan akademik. Tiga konsep utama karakteristik pembelajaran kooperatif menurut Slavin (2003) adalah penghargaan kelompok, pertanggungjawaban individu, dan kesempatan yang sama untuk berhasil.
Menurut Lie (2004) menyebutkan ada lima unsur dalam model pembelajaran kooperatif yaitu :
a). Saling ketergantungan positif
Untuk menciptakan kelompok kerja yang efektif, setiap anggota kelompok harus saling membutuhkan, sehingga anggota lain dapat mencapai tujuan.
b). Tanggung jawab perseorangan
Tugas dan pola penilaian menurut prosedur model pembelajaran cooperative learning memacu siswa merasa bertanggungjawab untuk melakukan yang terbaik.
c). Tatap muka
Kesempatan untuk bertemu muka dan berdiskusi, akan membentuk sinergi yang menguntungkan semua anggota. Hasil pemikiran beberapa orang akan lebih sempurna daripada pemikiran satu orang.
d). Komunikasi antar anggota
Keberhasilan suatu kelompok tergantung pada kesadaran setiap anggotanya untuk saling mendengarkan dan saling mengutarakan pendapat.
e). Evaluasi
Proses kerja kelompok dan hasil kerjasama perlu dievaluasi sehingga pada tahap selanjutnya dapat terjalin kerjasama yang efektif.
Sedangkan menurut (Lungdren, 1994) unsur-unsur dasar dalam pembelajaran kooperatif adalah : (1) Para siswa harus memiliki persepsi bahwa mereka belajar bersama, (2) Para siswa harus memiliki tanggung jawab terhadap siswa atau peserta didik lain dalam kelompoknya, (3) Para siswa harus berpandangan bahwa mereka semua memiliki tujuan yang sama, (4) Para siswa membagi tugas dan berbagi tanggung jawab diantara para anggota kelompok, (5) Para siswa diberikan satu evaluasi atau penghargaan yang akan ikut berpengaruh terhadap evaluasi kelompok, (6) Para siswa  berbagi kepemimpinan sementara mereka memperoleh keterampilan bekerjasama selama belajar, (7) Setiap siswa akan diminta mempertanggungjawabkan secara individual materi yang ditangani dalam kelompok kooperatif.
  Menurut Thompson, dkk (2003) Pembelajaran Kooperatif turut menambah unsur-unsur interaksi sosial pada pembelajaran sains. Di dalam pembelajaran kooperatif, siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang saling membantu satu sama lain. Kelas disusun dalam kelompok yang terdiri dari 2, 3, 4 atau 6 orang siswa, dengan kemampuan yang heterogen. Maksud kelompok heterogen adalah terdiri dari campuran kemampuan siswa, jenis kelamin, dan suku. Hal ini bermanfaat untuk melatih siswa menerima perbedaan dan bekerja sama dengan teman yang berbeda latar belakangnya.

4.      Tujuan Pembelajaran Kooperatif
Model Pembelajaran Kooperatif dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran kooperatif menurut Ibrahim, etc (2000) yaitu :
1)      Hasil belajar akademik
Dalam belajar kooperatif meskipun mencakup tujuan social, juga memperbaiki prestasi siswa atau tugas-tugas akademis penting lainnya. Beberapa ahli berpendapat bahwa model ini unggul dalam membantu siswa memahami konsep-konsep sulit. Para pengembang model ini telah menunjukkan bahwa model struktur penghargaan kooperatif telah dapat meningkatkan nilai siswa pada belajar akademik dan perubahan norma  yang berhubungan dengan hasil belajar..
2)      Penerimaan terhadap perbedaan individu
Tujuan lain model pembelajaran kooperatif adalah penerimaan secara luas dari orang-orang yang berbeda berdasarkan ras, budaya, kelas social, kemampuan dan ketidakmampuan. Pembelajaran kooperatif memberi peluang bagi siswa dari berbagai latar belakang dan kondisi untuk bekerja dengan saling bergantung pada tugas-tugas akademik dan melalui struktur penghargaan kooperatif akan belajar saling menghargai satu sama lain.
3)      Pengembangan keterampilan social
Tujuan penting ketiga pembelajaran kooperatif adalah mengajarkan kepada siswa keterampilan bekerja sama dan kolaborasi. Keterampilan-keterampilan social penting dimiliki oleh siswa sebab saat ini banyak anak masih kurang dalam keterampilan.

5.      Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Urutan langkah-langkah perilaku guru menurut model pembelajaan kooperatif yang diuraikan Arends (dalam Yusup 2003) adalah sebagaimana terlihat pada table berikut :
Fase
Tingkah laku guru
Fase 1 :
Guru menyampaikan semua tujuan
Menyampaikan tujuan dari pelajaran yang ingin dicapai pada materi elastisitas permintaan dan penawaran pelajaran Ekonomi
Fase 2 :
Guru menyajikan informasi kepada siswa
Menyampaikan informasi dengan jalan demonstrasi melalui penggunaan media pembelajaran kartu soal.
Fase 3 :
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
Fase 4 :
Membimbing kelompok belajar dan bekerja
Guru membimbing kelompok-kelompok pada saat mereka mengerjakan tugas dan belajar mereka
Fase 5 :
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing mempresentasikan hasil kerjanya
Fase 6 :
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok

Dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, berarti guru dan siswa :
1)      Mengembangkan dan menggunakan keterampilan kooperatif berfikir kritis dan kerjasama kelompok
2)      Menyuburkan hubungan antara pribadi yang positif diantara siswa yang berasal dari latar belakang yang berbeda
3)      Untuk Menerapkan bimbingan oleh teman (peerteaching)
4)      Menciptakan lingkungan yang menghargai dan menghormati nilia-nilai ilmiah

6.      Pengertian Tipe Metode Think Pair Share
Menurut Spencer Kagan (2009:48) metode structural merupakan metode yang lebih menekankan pada struktur-struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola-pola interaksi siswa. Dalam metode structural diharapkan agar para siswa bekerjasama saling bergantung dalam kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Ada struktur yang memilki tujuan umum untuk meningkatkan penguasaan isi akademik dan ada pula struktur tujuannya untuk mengajarkan keterampilan social. Beberapa teknik dari metode structural anatar lain : Mencari Pasangan, Bertukar Pasangan dan Berkirim Soal.
Disini peneliti memilih menggunakan Metode Think Pair Share untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010,  karena Teknik belajar (Think Pair Share) mempunyai keunggulan yaitu siswa sharing/ bekerja sama dengan pasangannya untuk memecahkan masalah.
Adapun langkah-langkah kegiatan Pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe metode Think Pair Share meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010 sebagai berikut :
1)        Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok berempat-empat (2 bangku)
2)        Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3)        Guru memberikan satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi /satu tugas yang berbeda dari kelompok lain
4)        Setiap siswa memikirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan sendiri
5)        Siswa berpasangan dengan salah satu temannya dalam kelompok dan mendiskusikan hasil yang dikerjakan
6)        Kedua pasangan bertemu kembali dalam kelompok berempat untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya
7)        Guru memantau kegiatan diskusi siswa
8)        Setelah selesai diskusi, masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil  pembahasan kelompoknya
Kegiatan dalam tipe metode (Think Pair Share)  memberikan keuntungan. Siswa secara individu dapat mengembangkan pemikirannya masing-masing karena adanya bantuan media kartu soal sehingga pemahamannya dalam materi elastisitas permintaan dan penawaran dapat meningkatkan prestasi siswa.









I.       KERANGKA BERFIKIR





Text Box: Guru : belum mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  dalam mengajar


Siswa, Prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi materi elastisitas permintaan dan penawaran
 


Kondisi Awal
 
                                                                                            
                         




Siklus I
Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  pada Ekonomi materi elastisitas permintaan dan penawaran secara klasikal
 
                                  
Text Box: Guru : mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  dalam mengajar                                                                                                   

Tindakan
 
                                                                                                             
                                                                                       














 














Prestasi belajar yang tinggi merupakan harapan setiap guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Pada kenyatannya tidak semua siswa dapat mencapai prestasi yang optimal, bahkan sebaliknya ada siswa yang prestasinya tergolong rendah dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Siswa yang belajarnya kurang optimal menyebabkan prestasi belajar rendah. Bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar atau prestasinya rendah perlu diupayakan cara-cara agar siswa tersebut dapat memperoleh prestasi yang tinggi.
Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share  ini diharapkan siswa akan lebih mudah dalam mempelajari pelajaran Ekonomi materi elastisitas permintaan dan penawaran, sehingga prestasi belajar siswa meningkat.


J.      HIPOTESIS PENELITIAN
Hipotesis mengandung pengertian satu pendapat yang kebenarannya masih harus dibuktikan terlebih dahulu. Adapun hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah : “Dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif  Metode Think Pair Share dapat meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010.







K. METODE PENELITIAN

A.      PENDEKATAN PENELITIAN
Penelitian ini dirancang sebagai suatu penelitian tindakan kelas dan dirancang minimal dua siklus. Dalam setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus kedua merupakan penyempurnaan dari kekurangan-kekurangan hasil refleksi dari siklus I, guna memperbaiki kekurangan yang masih terdapat pada siklus I.
Keempat tahap dalam penelitian tindakan tersebut adalah unsur membentuk sebuah siklus yaitu satu putaran kegiatan yang beruntun ke langkah semula. Jadi satu siklus adalah dari tahapan penyusunan rancangan sampai dengan refleksi, yang disebut tahap evaluasi. Bentuk peneliian tindakan tidak pernah merupakan kegiatan tunggal tetapi harus berupa rangkaian kegiatan yang akan kembali ke asal yaitu bentuk siklus (Arikunto, 2006:20).
Desain penelitian seperti yang tertera pada skema dari pelaksanaan penelitian dari siklus I sampai dengan siklus II yang termuat dalam gambar berikut :
 



















B.       SUBYEK PENELITIAN
Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X   di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009/2010.

C.      TEKNIK PENGUMPULAN DATA
a.       Dokumentasi
Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, legger, agenda dan sebagainya (Arikunto, 1993:131). Dalam penelitian ini dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang jumlah siswa dan nilai siswa.
b.      Tes
Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan (Arikunto, 2003:530). Metode ini digunakan untuk memperoleh data tingkat pemahaman siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca. Tes ini merupakan tes akhir yang diadakan secara lesan dan tertulis. Data ini digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian.
c.       Metode Observasi
Metode ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran melalui pengamatan secara langsung. Hasil dari observasi dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum dimulainya tindakan pada siklus berikutnya.meningkatkan aktivitas guru.
d.      Metode Angket
Metode ini digunakan untuk memperoleh data mengenai tanggapan siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Metode Think Pair Share dengan seharing bersama teman sebangku.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

A. Identitas
Nama Sekolah                : MAN 1 JEMBER
Mata Pelajaran               : Ekonomi
Kelas/Semester               : X/I
Alokasi Waktu               :  2 x 45 menit ( 1 pertemuan)
Standar Komptensi        : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan  permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Kompetensi Dasar         : 3.1.Mengidenti-fikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
 Indikator                    :
·       Mendeskripsikan pengertian permintaan
·       Mendeskripsikan pengertian penawaran melalui
·       Mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
·       Mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
·       Mengambar kurva permintaan
·       Mengambar kurva penawaran

B. Tujuan Pembelajaran :
      Setelah proses pembelajaran siswa dapat :
·    Mendeskripsikan pengertian permintaan melalui informasi dan mengkaji referensi
·    Mendeskripsikan pengertian penawaran melalui informasi dan mengkaji referensi
·    Mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan melalui diskusi
·    Mengklasifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran melalui diskusi
·    Mengambar kurva permintaan berdarkan data yang kontekstual melalui kerjakelompok
·    Mengambar kurva penawaran berdarkan data yang kontekstual melalui kerjakelompok




C.  Materi Pembelajaran :
                  Permintaan dan Penawaran:
·    Pengertian permintaan dan penawaran
·    Kurva permintaan dan peawaran pemerintah
·    Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran



D.  Metode Pembelajaran:  
1.   Pendekatan Pembelajaran :
      Cooperative Learning
2.   Metoda Pembelajaran :
a.   Ceramah
b.   Metode Think Pair Share
c. Tanya Jawab

E.  Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal ( 10 menit )
    Apersepsi :
-          Membuka pelajaran dengan salam
-          Berdoa
-          Presensi siswa
-          Guru menyampaikan relevansi materi ajar yaitu tentang Uang
    Motivasi : Guru menyampaikan penggugah tentang materi ajar yaitu uang

 b. Kegiatan inti (55 menit)
1)        Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok berempat-empat (2 bangku)
2)        Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3)        Guru memberikan satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi /satu tugas yang berbeda dari kelompok lain
4)        Setiap siswa memikirkan dan mengerjakan tugas yang diberikan sendiri
5)        Siswa berpasangan dengan salah satu temannya dalam kelompok dan mendiskusikan hasil yang dikerjakan
6)        Kedua pasangan bertemu kembali dalam kelompok berempat untuk mendiskusikan kembali hasil pekerjaannya
7)        Guru memantau kegiatan diskusi siswa
8)        Setelah selesai diskusi, masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil  pembahasan kelompoknya

c. Kegiatan penutup (25 menit)
a. Refleksi dan klarifikasi (10 menit)
-  Guru memberi umpan balik ( reward ) terhadap kegiatan belajar siswa
-  Bersama siswa mengklarifikasi materi yang didiskusikan
- Bersama siswa membuat kesimpulan dan meminta siswa untuk mempelajari kembali materi yang sudah dibahas
b. Evaluasi ( 10 menit )
Memberikan beberapa pertanyaan yang terkait dengan materi yang didiskusikan yaitu tentang elastisitas permintaan dan penawaran

c.  Retensi (5 menit)
memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)
         Guru memberi salam penutup
F.   Alat /Bahan /Sumber Belajar :
a. Alat             : Laptop, LCD, Papan Tulis, Spidol, Kartu soal
b. Bahan          : LKS, Buku Ekonomi X (Erlangga), Buku Ekonomi X (Yudistira),  
  Artikel-artikel dari Internet, Slide power point
G.    Penilaian
1.      Jenis Tagihan:
-                 Tes
-                 Non tes
2.      Bentuk Tagihan:
·           Tes
- Pilihan ganda
- Uraian obyektif
- Pertanyaan lisan
·           Non tes
- Penilaian kinerja
- Tugas Individu
- Tugas Kelompok

H.    Pedoman Penilaian dan Skor Penilaian
1.      Soal Pilihan Ganda
            Skor Nilai = jumlah skor yang benar X 1
2.      Soal Essay
Nomor 1 = skor jawaban benar nilai 2
Nomor 2 = skor jawaban benar nilai 2
Nomor 3 = skor jawaban benar nilai 2
Nomor 4 = skor jawaban benar nilai 2
Nomor 5 = skor jawaban benar nilai 2

Total perolehan nilai maksimal = 10
Total nilai Maksimal = Skor perolehan (Pilihan Ganda + Essay)
                                                                        2


Format Penilaian Kinerja Siswa dalam Diskusi Kelompok
Nama Sekolah     :  MAN 1 JEMBER
Kelas/Semester    : X/2
Materi                  : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan,
  penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
                           

No

Nama
Kriteria


Nilai
Kerjasama
Keaktifan
Sikap
Keberanian
Hasil

















Skor Maksimal 20
Jadi Memperoleh Nilai =
KETERANGAN SKOR:








Text Box: KERJA SAMA
Sangat Baik     = 4
Baik                = 3
Cukup Baik     = 2
Kurang            = 1
Text Box: KEAKTIFAN
Sangat Baik       =  4
Baik                  =  3
Cukup Baik       =  2
Kurang              =  1




 
























Format Penilaian Kinerja Siswa dalam Tugas Individu
Nama Sekolah     :  MA. Kelompok 2
Kelas/Semester    : X/2
Materi                  :  Uang Dan Bank  


No

Nama
Kriteria


Nilai
Kedisiplinan
Kelengkapan isi
Bahasa
Ketrampilan penulisan
Sistematika penyampaian
















Skor Maksimal 20
Jadi Memperoleh Nilai =



KETERANGAN SKOR:










 





















            Mengetahui,                                                                    Malang, ……………..
        Kepala Madrasah                                                                  Guru Mata Pelajaran



   .......................................                                                         .......................................

l. Daftar Pustaka


Asrianto, Harry dan Agus yusuf. 2010. Sumber belajar dan media pembelajaran. Malang: Kementrian pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian . Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Endang Ekowati. Mpd. 2010. Model-model Pembelajaran. Malang: Kementrian pendidikan Nasional Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press
Sugiyanto, MSi. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta
Tri Anni, Catharina dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang : UNNES ress









A. Judul :
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan Dan Penawaran Dengan Penggunaan Model Pembelajaran “Think Pair Share” Di Man 1 Jember Tahun Pelajaran 2009 / 2010

B. Latar Belakang Masalah
               Masa tumbuh kembang pada siswa merupakan masa penting dalam membentuk kepribadian siswa tersebut, maka dari itu pendidikan merupakan suatu bimbingan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terciptanya kepribadian yang utama, pendidikan juga merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang bertujuan untuk membentuk kedewasaan anak dan mengetahui sifat dasar yang ada pada diri anak atau manusia, sifat dasar yang ada pada manusia terdiri atas tiga komponen yang harus di bangun untuk membentuk kepribadian pada diri manusia yaitu Ruh, Jasmani dan Akal.
Tujuan pendidikan nasional sendiri secara makro bertujuan membentuk organisasi pendidikan yang bersifat otonom sehingga mampu melakukan inovasi dalam pendidikan untuk suatu lembaga yang beretika, selalu menggunakan nalar, berkemampuan komunikasi sosial yang positif dan memiliki sumber daya manusia yang sehat dan tangguh.
Agar tujuan pendidikan bisa tercapai, maka perubahan dalam sistem pendidikan harus dilakukan secara terencana dan menyeluruh, dan sistem pendidikan yang konvensional menuju sistem pendidikan yang berorientasi kompetensi. Sistem pendidikan yang hanya berbasis pada input dan proses dipandang kurang dinamis, kurang efisien, dan mengarah pada stagnasi pedagogik, sehingga mengakibatkan sistem pendidikan sulit beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan aspirasi serta kebutuhan masyarakat.
Sedangkan guru yang memandang anak didik sebagai pribadi yang berbeda dengan anak didik lainnya akan berbeda dengan guru yang memandang anak didik sebagai mahkluk yang sama dan tidak ada perbedaan dalam segala hal. Maka penting untuk meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai anak didik. Sebaiknya guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala perbedaannya, sehingga mudah melakukan pendekatan dalam pengajaran.
Cara mengajar yang menggunakan teknik yang beraneka ragam disertai dengan pengertian yang mendalam dari pihak guru akan memperbesar minat siswa dan akan mempertinggi pula hasil belajarnya. Dengan mengajak, merangsang dan memberi kesempatan kepada siswa untuk ikut serta menggunakan pendapat, belajar mengambil keputusan, bekerja dalam kelompok, membuat laporan dan lain-lain, akan membawa siswa pada suasana belajar yang sesungguhnya bukan pada suasana diajar saja.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran dengan Model Pembelajaran Think Pair Share di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010”.

C. Identifikasi Masalah
               Berdasarkan uraian pada bagian latar belakang masalah, keterlibatan siswa merupakan penentu dalam PBM dalam rangka pencapaian keberhasilan belajar. Inti dari penelitian ini terletak pada peningkatan keterlibatan siswa dalam rangka meningkatkan keberhasilan belajar siswa. Ada beberapa komponen yang menandai aktualisasi keterlibatan siswa dalam PBM ekonomi. Komponen-komponen tersebut antara lain seperti guru, siswa, materi, metode mengajar, ruang dan waktu, dan sarana prasarana.
a. Guru
               Perilaku guru juga dipengaruhi oleh dua komponen yaitu kompetensi dan kepribadian. Kompetensi guru terdiri atas kognitif, affektif, dan psykomotorik kompetensi.
               Kompetensi kognitif guru terkait dengan kemampuan berpikir guru. Setiap guru memiliki pandangan yang berbeda dalam memahami materi ajar juga dalam pengelolaan kelas sebagai contohnya. Kemampuan berpikir guru akan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses belajar.
               Kompetensi afektif guru terkait dengan sikap guru dalam proses pembelajaran. Sikap atau peilaku guru akan mempengaruhi pula terhadap keterlibatan siswa dalam proses belajar.  Sebagai contoh, guru yang mempunyai sifat cepat marah akan membuat siswa takut dan segan belajar. Sebaliknya, guru yang memiliki sifat ramah terhadap siswa akan membuat siswa merasa nyaman dan senang belajar sehingga siswa akan terlibat sendirinya dalam proses pembelajaran.
               Kompetensi psykomotorik guru terkait dengan ketrampilan dalam menjalankan proses pembelajaran. Ketrampilan ini termasuk ketrampilan untuk berkomunikasi dengan siswa, menjawab dan bertanya, mengelola kegiatan pembelajaran, dan lain-lain. Ketrampilan-ketrampilan ini juga akan mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.Guru juga harus bisa menerapkan model-model pembelajaran.
b. Siswa
               Sama halnya dengan guru, perilaku siswa  dalam proes pembelajaran dipengaruhi oleh dua komponen dasar yaitu kompetensi dan kepribadian. Kompetensi siswa terdiri atas kompetensi kognitif, afektif, dan psykomotorik.
               Kompetensi kognitif siswa terkait dengan kemampuan berpikir mereka. Setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami pelajaran, seperti cara menginformasikan sesuatu, memecahkan masalah, mengevaluasi, dan lain-lain. Perbedaan kemampuan berpikir siswa akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
               Kompetensi afektif siswa terkait dengan sikap mereka dalam proses pembelajaran. Siswa yang menganggap pelajaran berbicara (speaking) itu lebih penting, maka mereka akan lebih fokus pada belajar speaking daripada menguasai grammar. Perbedaan sikap siswa akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.  
               Kompetensi psykomotorik siswa terkait dengan ketrampilan mereka dalam proses pembelajaran. Tiap siswa memiliki ketrampilan yang berbeda dalam menjawab dan bertanya kepada guru,  berkomunikasi baik dengan guru maupun siswa yang lainnya, dan lain-lain. Perbedaan ketrampilan siswa inilah yang juga akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
               Kepribadian siswa terkait dengan watak/ karakter mereka. Karakter tersebut seperti ketekunan, kemalasan, kedisiplinan, selalu berpikir positif, aktif, pasif dalam kelas, dan lain-lain. Hal-hal seperti inilah yang juga akan mempengaruhi tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
c. Materi
               Faktor lain yang mempengaruhi keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran adalah materi pelajaran. Materi yang akan disampaikan untuk siswa, seharusnya sesuai dengan pengalokasian waktu penyampaian materi dan juga harus sesuai dengan kemampuan siswa. Aspek yang lain seperti topik, kuantitas, dan kualitas materi juga harus diperhatikan pula.
d.  Metode Mengajar
               Suatu metode mengajar yang bagus akan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar sehingga mereka tidak akan merasa bosan dengan mata pelajaran yang bersangkutan. Metode Mengajar yang pas dan tepat akan membuat siswa mampu untuk mengikuti proses pembelajaran secara fisik maupun nonfisik.
Setiap metode mempunyai cara sendiri dalam pengaplikasiannya.  Suatu metode  mengajar yang bagus tidak hanya terletak pada guru dan muridnya saja, melainkan pada ketepatan meteri pembelajaran juga. Sebagai contoh jika metode mengajarnya sesuai dengan siswa dan materi pembelajaran, tetapi tidak pada guru maka pembelajaran yang baik tidak akan terwujud.
e. Ruang dan Waktu
               Dalam proses pembelajaran, diperlukan waktu dan ruang belajar yang tepat. Waktu yan tepat untuk PBM adalah ketika siswa masih segar (fresh) pikirannya dan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Belajar dipagi hari dapat membuat siswa lebih termotivasi dan fresh untuk belajar daripada saat siang hari, dengan alasan di siang hari energi siswa sudah berkurang sehingga siswa cepat merasa letih, mengantuk, lapar, dan bosan. Begitu juga dengan ruang belajar, ruangan yang terlalu luas dan sempit juga akan mengganggu proses pembelajaran. Ruang belajar yang luasnya pas, nyaman, tenang, dan tersedia penerangan lampu akan membuat siswa lebih terotivasi untuk belajar dan hal ini akan mempengaruhi keterlibatan mereka dalam PBM.
f. Sarana Prasarana
               Sarana dan prasarana (fasilitas) belajar dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Fasilitas belajar seperti media, area sekolah, bangunan sekolah dan alat-alatnya, kantin, perpustakaan, lapangan, dan semua yang mempengaruhi keantusiasan siswa utnuk terlibat dalam kegiatan pembelajaran akan dapat meningkatkan keberhasilan belajar dan semangat mereka dalam belajar . Selain itu, fasilitas belajar yang memadai nantinya juga akan menciptakan kondisi pembelajaran yang nyaman pula.

D. Batasan Masalah
      Permasalahan dalam penelitian ini dibatasi pada masalah yang terkait dengan peningkatan prestasi belajar siswa kelas X pada materi elastisitas permintaan dan penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010 dengan menggunakan model TPS.

E.     Rumusan Masalah
   Masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan yaitu Bagaimana Efektivitas Metode Think Pair Share Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010.

F.     Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Elastisitas Permintaan dan Penawaran di MAN 1 Jember tahun pelajaran 2009 / 2010 dengan model pembelajaran Think Pair Share.

G.                Manfaat Penelitian
1.      Bagi guru Ekonomi kelas X di MAN 1 Jember,  penelitian ini dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan  Prestasi Belajar Siswa dalam proses pembelajaran Ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar